Tahun Ini, Pemkot Makassar Segera Bangun Lima Pedestrian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar bakal membangun lima pedestrian di tahun 2022 ini termasuk pedestrian layang (Japparate).

Lima pedestrian tersebut di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Landak, Jalan Sungai Saddang, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Metro Tanjung Bunga.

Kepala Bidang Pengembangaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis mengatakan, pembangunan pedestrian ini bakal menjadi program prioritas Wali Kota Makassar.

“Ada beberapa memang prioritas Pak Wali Kota, salah satunya adalah Japparate, yang kedua pedestrian di Sudirman, ada juga pedestarian di jalanan Landak dan Jalan Sungai Saddang. Dan yang tak Kalah pentingnya ini di jalan Perintis Kemerdekaan depan BTP,” katanya, Minggu (16/1/2022).

Khusus untuk Japparate, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, desainnya akan sama seperti jembatan penyeberangan.

“Dikonsep dengan bagus dan canggih. Nantinya, masyarakat bisa menikmati jalur pedestrian tersebut untuk bersepeda, lari, bahkan rekreasi,” tuturnya.

Nantinya, masyarakat bisa menikmati matahari terbenam atau sunset langsung di area tersebut.

“Pokoknya nanti InsyaAllah bangga Makassar punya itu,” ujar orang nomor satu Makassar ini.

Dia menjamin jalur tersebut tidak akan mengganggu arus lalu lintas di sepanjang jalan Ujung Pandang hingga Jl Metro Tanjung Bunga.

Selain itu kata dia, jalur Japparate ini akan dibangun mulai dari Benteng Rotterdam hingga ke Mal Pipo. Sekira 3,5 kilo meter (KM), lebar 6 meter, tinggi hingga 4,1 meter.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman mengatakan, anggaran yang disiapkan sekitar Rp20 miliar.

“Sekitar Rp20 miliar kami siapkan untuk pembangunan Japparate,” kata Helmy Budiman. (selfi/fajar)

  • Bagikan