Danny Pomanto Sabet BAZNAS Award 2022, Kategori Pendukung Gerakan Baznas di Indonesia

  • Bagikan
Danny Pomanto sabet Baznas Award 2022

Sedangkan Wakil Presiden Maruf Amin meminta seluruh jajaran BAZNAS terus memperluas peran, dan layanan kepada masyarakat, termasuk penerima zakat. BAZNAS terus amanah dalam melakukan pengelolaan zakat didukung teknologi digital.

“Saya berharap BAZNAS terus amanah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Saya juga berharap, BAZNAS terus menciptakan dan melaksanakan program pengelolaan dana zakat, mulai dari perencanaan, hingga pelaporan. Kesemuanya itu didasarkan pada data yang terstandardisasi, dan terintegras, sekaligus didukung oleh kemajuan teknologi digital,” ujar Wakil Presiden.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu menyebutkan, dana sosial syariah dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi sosial seperti dampak pandemi dan kemiskinan.

Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad dalam laporannya mengemukakan, dana Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) tahun 2021 meningkat 133% dari tahun 2020. ZIS tahun 2020 sebesar Rp385 miliar, dan tahun 2021 Rp516 miliar. Demikian pula zakat fitrah meningkat 200 persen, dan kurban meningkat 120 persen.

Dari pendapatan tersebut, BAZNAS mendistribusikan kepada para mustahik, atau penerima zakat untuk penanggulangan Covid-19, termasuk program jaga santri, program jaga yatim, hingga tanggap bencana. (selfi/fajar)

  • Bagikan