Peringatan Dini Cuaca Tiga Hari ke Depan, Sulsel Diguyur Hujan Lebat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk cuaca tiga hari ke depan, yakni 18-20 Desember mendatang.

Peringatan ini berdasarkan hasil monitoring perkembangan kondisi dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

“Hasil analisis dinamika atmosfer, terpantau adanya pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Sulawesi Selatan sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan,” kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Dwi Lestari Sanur, Senin, (17/1/2022).

Sementara itu, hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Dasarian 1 Januan 2022 menunjukkan bahwa 75.0 persen zona musim di Sulawesi Selatan sudah memasuki musim hujan.

Disebutkan, dalam 3 hari kedepan (18 -20 Januari 2022), hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Kab/Kota. Pare-Pare, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kab. Luwu Utara, Sidenreng Rappang, Pinrang, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Bantaeng. Serta potensi angin kencang di pesisir barat, selatan, dan timur Sulawesi Selatan.

Selain itu masyarakat diimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan.

Gelombang dengan ketinggian Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, Laut Flores bagian barat, Peraran P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara, dan Permran P. Bonerate - Kalaotoa bagian selatan.

  • Bagikan