RSUD Bantaeng Terapkan Metode ERACS, Proses Persalinan ala Nagita Slavina

  • Bagikan
RSUD Bantaeng terapkan metode ERACS, proses persalinan ala Nagita Slavina

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Artis papan atas, Nagita Slavina melahirkan putra keduanya dengan persalinan sesar. Dua jam setelah persalinan, Nagita sudah bisa duduk. Dalam 24 jam,  kondisinya sudah pulih dan bisa pulang ke rumahnya.

Proses persalinan yang dijalani Nagita itu adalah metode ERACS. Metode ini membuat proses pemulihan pascamelahirkan lebih cepat dibandingkan proses sesar biasa.

Masyarakat Bantaeng kini sudah bisa menjalani proses persalinan dengan metode ERACS ala Nagita Slavina. Dokter spesialis obstetrics and gynecology (Obgyn) RSUD Prof Anwar Makkatutu, dr Yusri Linsangan memperkenalkan metode di RSUD Bantaeng, Sabtu, 15 Januari 2022. Melalui akun media sosialnya di youtube, @dryusri, instagram, @yusriiie dan facebook, Yusri Lisangan, dia menceritakan seperti apa metode ERACS tersebut.

Dia mengatakan, ERACS sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Recovery After Caesarean Surgery. Di Sulsel, metode ini baru diterapkan di Makassar. “Selain Makassar, daerah lain belum ada yang menerapkan metode ERACS ini. Baru Bantaeng yang pertama menerapkannya,” kata dr Yusri kepada penulis.

Dia mengatakan, metode ini digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien sesar rawat jalan. Dengan begitu, pasien yang telah menjalani operasi bedah tak perlu perawatan di rumah sakit lebih lama.

“Teknik operasinya persis sama dengan operasi konvensional. Tetapi dengan metode ini,kita mempersingkat banyak hal. Minimal waktunya, minimal komplikasinya. Kita juga menggunakan obat anastesi yang minimal. Obat yang minimal dengan hasil yang maksimal,” jelas dr Yusri.

Dia juga menambahkan, pasien yang menjalani metode persalinan ERACS ini akan lebih cepat pulih dibanding dengan metode konvensional. Dia menyebut, dalam dua jam, pasien diperkirakan sudah bisa duduk dan minum. Kemudian, dalam enam jam, pasien juga sudah bisa jalan.

  • Bagikan