Hujan Lebat Mengguyur Sulsel 3 Hari ke Depan, Begini Kondisi Bendungan Bili-bili

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, berpotensi bakal diguyur hujan lebat hingga sangat lebat selama tiga hari berturut-turut.

Terhitung mulai 18 hingga 20 Januari 2022. Di antaranya Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar.

Sementara hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi terjadi di Luwu Utara, Sidrap, Soppeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Bantaeng.

Khusus di Kabupaten Gowa yang terdapat Bendungan Bili-bili, tentu elevasi air di bendungan itu akan berpengaruh pada intensitas hujan yang mengguyur selama tiga hari nanti.

Untuk update hari ini, Selasa (18/1/2022) pukul 10.10 WITA, elevasi di bendungan yang dibangun sejak 1991 itu saat ini berada di angka 92,84 MDPL.

Angka ini dikategorikan masih aman dan masih di bawah angka elevasi waspada yakni +100,00 MDPL. Data ini diperoleh Fajar.co.id dari keterangan resmi Polres Gowa yang bekerjasama dengan petugas bendungan.

Kendati masih aman, warga yang bermukim di sekitaran Sungai Jeneberang agar siaga. Apabila elevasi bendungan sudah berada di angka +103.00 MDPL, pintu air bendungan akan dibuka dan berpotensi terjadi banjir di sekitaran sungai tersebut, dan lebih dulu akan disampaikan ke masyarakat secepatnya. (Ishak/fajar)

  • Bagikan