Rp15 Miliar Dianggarkan untuk Smart Panyingkulu, Termasuk Bundaran BTP

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menganggarkan Rp15 miliar untuk program “Smart Panyingkulu” dalam APBD 2022.

Smart Panyingkulu merupakan nama program penataan simpang jalan kota di Makassar.

Dalam rekap kegiatan Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Smart Panyingkulu dibangun di tiga titik.

Diantaranya di Bundaran Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Makassar, Simpang Jalan Paket Landak – Pettarani dan Simpang Jalan Paket Rappocini – Pettarani.

Yang menjadi prioritas dalam Smart Panyingkulu ini adalah Bundaran BTP yakni bakal menelan anggaran Rp10.002.636.000 (Rp10 Miliar).

Sementara untuk Simpang Jalan Paket Landak – Pettarani sebesar Rp2.503.386.000 dan Jalan Paket Rappocini – Pettarani sebesar Rp2.503.386.000.

Kepala Bidang Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis mengatakan smart panyingkulu ini tujuannya untuk memperlebar jalanan agar dapat meminimalisir kemacetan.

“Jadi ada konsepnya semua simpang-simpang itu kita perlebar, sehingga orang yang mau belok tidak lagi antri di lampu merah,” katanya, Selasa, (18/1/2022).

Hanya saja kata dia, perlu adanya koordinasi dengan para pemilik lahan nantinya.

Untuk Bundaran BTP desainnya memiliki ciri khas sendiri dibandingkan dengan yang lain.

“Desain secara keseluruhan ada di atasnya nanti kayak bentuk jalan layang. Ada kolam dan air mancur. Tetapi anggaran yang Rp10 Miliar khusus bundaran,” jelasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan