DTPHP Sinjai Dorong Kemandirian Ponpes dengan Pengembangan Jagung, Kadis: Kami Akan Bina Santrinya

  • Bagikan
Kepala DPHTP Sinjai, Kamaruddin

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai melirik pengembangan jagung di Pondok Pesantren (Ponpes). Pembinaan budi daya komoditas ini pun akan dilakukan dengan menyasar para santri.

Kepala DPHTP Sinjai, Kamaruddin mengatakan, gagasan ini bermula saat pihaknya memberikan bantuan benih jagung ke beberapa Ponpes tahun lalu. Saat panen, Ponpes Darul Istiqamah Lappa'e, Kecamatan Tellu Limpoe sebagai salah satu penerima mengundangnya ke Ponpes untuk menikmati hasilnya.

"Pak Sekretaris yang hadir, waktu itu saya ada rapat, dan ternyata pimpinan Ponpes meminta agar santrinya dilatih bagaimana cara pengembangan jagung," beber Kamaruddin.

Oleh karena itu, dia menyambut baik permintaan tersebut. Bahkan, pihaknya merencanakan pengembangan jagung manis di Ponpes. Tujuannya, agar menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi guna mendorong kemandirian Ponpes.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pembinaan budidaya jagung akan dilaksanakan. Ponpes Darul Istiqamah, Lappa'e menjadi ponpes pertama. Menyusul Ponpes lainnya.

Untuk pengadaan bibit, dia mengaku telah melakukan komunikasi dengan Balitsereal. "Sangat memungkinkan kita lakukan, apalagi Bapak Bupati sudah melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Balitsereal," tambahnya. (sir)

  • Bagikan