Minyak Goreng di Toko Modern Rp14 Ribu Per Liter, Pedagang Pasar Diberi Waktu Sepekan Menyesuaikan

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

“Melalui kebijakan ini kemasan premium dan sederhana atau seluruhnya akan dijual setara Rp14 ribu per liter atau semua jenis kemasan baik premium dan sederhana, baik ukuran 1 liter sampe dirigen 25 liter diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” katanya dalam konferensi pers, Selasa (18/1/2022).

Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan terlebih dahulu melalui ritel modern yang merupakan anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), kemudian pasar tradisional diberi waktu satu minggu penyesuaian.

Lutfi menyebut kebijakan ini sudah disosialisasikan ke semua produsen dan ritel modern, mereka mendukung kebijakan ini, total ada 34 produsen minyak goreng yang sudah menyampaikan untuk berpartisipasi dalam kebijakan minyak goreng kemasan satu harga untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kebijakan ini berlaku mulai Rabu 19 Januari 2022 tepat pukul 00.01. Besok seluruh jaringan ritel modern menerapkan kebijakan Rp 14 ribu/liter, tidak perlu panic buying atau membeli berlebihan karena pemerintah menjamin stok dengan harga Rp 14 ribu/liter dapat mencukupi pasti kebutuhan masyarakat,” ujar Lutfi. (ikbal/fajar)

  • Bagikan