Sampah Plastik Ditukar dengan Uang Elektronik, Danone-AQUA dan Alfamart Hadirkan Reverse Vending Machine

  • Bagikan
Reverse Vending Machine, alat penukaran sampah plastik jadi saldo uang elektronik.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Danone-AQUA bekerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay, gerakan sosial berbasis platform digital, meluncurkan inovasi terbaru, buatan asli 100% dalam negeri, berupa AQUA Reverse Vending Machine (RVM) atau Mesin Penukaran Botol plastik paska konsumsi bagi masyarakat untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah botol plastik.

Inisiatif terbaru ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik dengan mengumpulkan dan mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi dengan benar.

Reverse vending machine yang diinisiasi Danone-AQUA bersama Alfamart ini, untuk tahap pertama akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

“Bagi Danone-AQUA, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami yang diwujudkan melalui gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018. Gerakan ini selain bertujuan mempertegas posisi perusahaan sebagai pelopor pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik paska konsumsi, juga untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70 persen di 2025. Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen, untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Ia memastikan komitmen #BijakBerplastik Danone-AQUA yang ditopang oleh tiga pilar utama, yaitu pengumpulan, edukasi, dan inovasi akan dilakukan secara terus menerus dan berbarengan. Oleh karena itu kerjasama untuk meluncurkan RVM ini merupakan salah satu contoh konkret dari komitmen tersebut.

  • Bagikan