Fantastis, Harga Sapi Sinjai yang Dijual ke Luar Daerah Tembus Rp41 Miliar

  • Bagikan

SINJAI, FAJAR — Bidang peternakan menjadi sektor potensial dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Terbukti, harga jual sapi yang dijual ke luar daerah di Kabupaten Sinjai menembus Rp41 miliar.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Burhanuddin mengatakan, harga jual senilai puluhan miliar itu merupakan akumulasi penjualan sapi potong selama satu tahun. Dimana daerah penjualan meliputi pulau Kalimantan, Gorontalo, Makassar, dan beberapa daerah lainnya di Sulsel.

Untuk sapi jantan, jumlah yang terjual sebanyak 2.117 ekor dengan rata-rata harga penjualan sebesar Rp17,5 juta. Sementara jumlah sapi betina yang terjual sebanyak 470 ekor dengan rata-rata harga penjual sekitar Rp8,5 juta.

“Jadi jika di total harga penjualan secara keseluruhan sebesar Rp41 miliar,” kata Burhanuddin, Selasa, 18 Januari.

Selain itu, dia mengungkap, jumlah sapi yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) sebanyak 1.403 ekor dengan total penjualan sekitar Rp21 miliar sebab rata-rata penjualan Rp15 juta per ekor.

Oleh karena itu, dia memastikan, sektor peternakan khususnya pengembangan sapi potong menjadi salah satu potensi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga Pemkab Sinjai terus berkomitmen agar sektor ini mendapat atensi melalui program-program yang bermanfaat bagi peternak. Dia pun mengajak kepada masyarakat untuk menggeluti usaha ini.

Apalagi pihaknya telah menyiapkan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang bisa membuat aman, nyaman, dan tenang dalam beternak sapi. “Tahun ini kami target penjualan keluar daerah dan sapi yang dipotong di RPH meningkat dari tahun ini,” kuncinya. (sir)

  • Bagikan