Bima Arya Sebut Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk Kota Bogor

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, BOGOR — Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke wilayahnya.

Masuknya varian baru Covid-19 tersebut seiring jumlah penularan kasus Covid-19 di Kota Bogor yang belakangan ini terus meningkat.

“Sudah pasti Omicron, ga usah di tes lagi pasti Omicron, karena berbulan-bulan landai tiba-tiba lonjakan, ini pasti Omicron,” ungkap Bima Arya saat ditemui di Hotel Salak Heritage, Kota Bogor, Minggu (23/1/2022).

Meski demikian, Bima Arya menyampaikan, saat ini pun sudah tidak penting lagi untuk mencari kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Kota Bogor. Karena, yang lebih penting saat ini adalah menyiagakan sistem kesehatan baik seperti vaksin, tracing, testing hingga treatmentnya.

“Ya ga mungkin ditelusuri satu-satu, karena (kasus) akan melonjak terus, dan berbeda dengan PCR, ini ga bisa tes di laboratorium (terus) pasti mahal dan laboratorium medisnya terbatas,” ucapnya.

Karenanya, Kementerian Kesehatan telah mengupayakan untuk menyiapkan satu sistem pengecekan yang lebih memungkinan kaitan testnya.

Meski begitu, diyakini Bima Arya, peningkatan kasus jumlah terpapar Covid-19 di Kota Bogor yang terjadi sudah diprediksi pihaknya. Bahkan, ia sudah mengingatkan jajarannya sejak satu pekan terakhir.

Sehingga, saat ini yang akan dilakukan jajarannya adalah bersiaga menghadapi situasi lonjakan yang lebih tinggi dari varian Delta di Kota Bogor.

Apalagi, pada Sabtu (22/1/2022), jumlah terpapar Covid-19 di Kota Bogor tembus mencapai 36 kasus baru.

“Kita sudah lakukan semuanya antisipatif. Tempat tidur di Rumah Sakit sudah siap di konversi, pusat isolasi sudah siap di aktivasi, Rumah Sakit perluasan sudah siap, ketersediaan oksigen juga dari jalur distribusinya kita pastikan siap,” imbuhnya.

  • Bagikan