Cegah Kejahatan, DPRD Surabaya Minta Polrestabes Surabaya Memasang CCTV

  • Bagikan
Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan saat kunjungan dinas ke gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (24/1). (Frizal/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Laju perkembangan Surabaya sebagai kota metropolis kian pesat. Kemajuan kota itu tidak hanya mendongkrak perekonomian, tetapi berpotensi diikuti tingkat kriminalitas. Untuk mencegah kejahatan, DPRD Surabaya memberikan sejumlah masukan kepada Polrestabes Surabaya.

Usulan itu disampaikan saat dewan menerima kunjungan Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan, Senin (24/1).

Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna menyampaikan, ada sejumlah cara untuk menekan angka kriminalitas. Salah satunya memasang closed circuit television (CCTV). ”Bisa mencegah kejahatan sekaligus rekaman gambar menjadi barang bukti,” terangnya.

Menurut dia, pemkot memang telah memasang ratusan CCTV. Kamera pengintai itu diletakkan di jalur-jalur protokol serta simpang empat. Namun, Ayu meminta pemasangan CCTV terus ditambah. ”CCTV juga harus dipasang di perkampungan yang padat,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti mengapresiasi langkah Polrestabes Surabaya dalam menangani tindak kejahatan kriminal di Kota Pahlawan. Hal itu dibuktikan dengan indeks ketertiban dan keamanan Kota Surabaya yang meningkat sejak lima tahun lalu.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan DPRD Surabaya. Sebab, untuk memajukan Surabaya, dibutuhkan peran seluruh pihak.

”Karena itu, kami manfaatkan momen di awal tahun ini untuk bersilaturahmi bersama DPRD Surabaya,” kata mantan wakil direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya itu. (jpg/fajar)

  • Bagikan