Selaku Sesepuh, SBY Ucapkan Selamat ke Batalyon Infanteri Raider Khusus 744

  • Bagikan
Ilustrasi -- Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Batalyon Infanteri Raider Khusus 744 berulang tahun pada 24 Januari 2022 kemarin. Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan ucapan selamat ke Prajurit dan pimpinan.

Ucapan itu ia sampaikan dan diunggah ke akun Instagram Yonifraider_744, dan dilihat Fajar.co.id.

SBY, sapaan singkat dari Susilo Bambang Yudhoyono sebagai sesepuh dalam pasukan elite TNI AD ini, berharap yang terbaik kepada Batalyon Infanteri Raider Khusus 744, di hari ulang tahunnya ke-44 ini.

“Saya selaku sesepuh dan mantan komandan batalyon yang kita cintai dan banggakan, saya ucapkan selamat kepada pimpinan, prajurit dan keluarga. Pertahankan reputasi dan keunggulan batalyon 744 sebagai satuan tempur yang andal,” kata SBY dikutip Fajar.co.id, Senin (25/1/2022).

SBY menyebut, Batalyon Infanteri Raider Khusus 744 atau Yonif RK 744/SYB ini punya prestasi gemilang sejak berdiri pada 24 Januari 1978 silam.

“Kini batalyon 744 berada di garis depan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Saya harap dan mendoakan agar tugas negara itu dilaksanakan dengan baik,” jelas SBY.

Dikutip dari Wikipedia, sejak Timor Timur cerai dari NKRI, Batalyon Infanteri selalu mencatat prestasi gemilang dalam operasi penumpasan kelompok Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) Timor Timur, dan tetap dipertahankan eksistensinya oleh Pangdam Udayana, Mayjen TNI Kiki Syahnakri kala itu.

Meski Korem 164 Wiradharma Timor Timur ikut dilikuidasi seiring dengan lepasnya Timor Timur dari NKRI, Yonif 744 Satya Yudha Bhakti tetap dipertahankan dan akhirnya menjadi bagian dari pasukan organik Korem 161 Wirasakti Kupang, yang kini bagian dari Brigif 21 Komodo. (ishak/fajar)

  • Bagikan