Tingkatkan Efektivitas Perlindungan Sosial, Dinsos Bentuk Puskesos Di 103 Desa dan Kelurahan di Maros

  • Bagikan
Tingkatkan efektivitas perlindungan sosial, Dinsos bentuk Puskesos Di 103 desa dan kelurahan di Maros

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sosialisasi pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) - Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di 103 Desa dan Kelurahan se Kabupaten Maros digelar Senin, 24 Januari di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Kegiatan ini digelar Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Maros dan di hadiri oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM), Muhammad Gazali menjelaskan kalau Puskesos merupakan program sistem layanan dan rujukan terpadu yang merupakan wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin.

"Adapun Puskesos ini merupakan pelayanan bagi rumah tangga sasaran di wilayah kecamatan, desa/kelurahan dalam pelaksanaan percepatan program penanggulangan kemiskinan. Memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam menjelaskan kalau Puskesos ini sebagai wadah dalam memberikan akses kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan kesejahteraan sosial.

" Puskesos pada tingkat desa dan kelurahan ini sangat penting. Karena dengan adanya Puskesos ini masyarakat miskin, rentan miskin dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bisa lebih mudah mendapatkan informasi tentang layanan informasi yang dibutuhkan," jelasnya.

Menurutnya kemiskinan merupakan permasalahan utama yang harus dipecahkan. Butuh pelaksanaan penanggulangan yang sistematis, terencana, dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.

  • Bagikan