Tingkatkan Efektivitas Perlindungan Sosial, Dinsos Bentuk Puskesos Di 103 Desa dan Kelurahan di Maros

  • Bagikan
Tingkatkan efektivitas perlindungan sosial, Dinsos bentuk Puskesos Di 103 desa dan kelurahan di Maros

"Semua program penanggulangan kemiskinan ini merupakan upaya untuk menurunkan angka kemiskinan. Bagaimana pun, peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan resultate dari kemajuan program pembangunan disuatu wilayah,"jelas mantan Ketua DPRD Maros ini.

Dia juga mengatakan kalau prinsip utama penanggulangan kemiskinan ini mencangkup empat prinsip utama yang meliputi, perbaikan dan pengembangan sistem perlindungan sosial, peningkatan akses pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin, dan pembangunan yang inklusif.

"Akan dilakukan peningkatan kegiatan ekonomi oleh pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat. Kesemuanya ini akan diinformasikan melalui Puskesos," jelasnya.

Program penanggulangan kemiskinan secara eksplisit pada dasarnya bersifat sektoral. Olehnya itu, efektivitas penanggulangan kemiskinan akan dipengaruhi oleh kualitas koordinasi lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan .

"Mari kita garap sosialisasi ini agar diperoleh pola yang terbaik untuk penanggulangan kemiskinan, pendataan secara ril, dan pola pemberian informasi kepada masyarakat yang kurang mampu. Mari kita koordinasikan dengan baik, semua pihak saling berkolaborasi, sehingga lebih terarah, terpadu, dan berkelanjutan," pungkasnya. (Rin)

  • Bagikan