ALELEON Supercomputer Bertenaga Prosesor AMD, Mendorong Batas Komputasi Performa Tinggi di Indonesia

  • Bagikan

Tentang ALELEON SUPERCOMPUTER EFISON[3]

Menyadari nilai bisnis, riset/saintifik, dan sosial HPC, EFISON didirikan dengan dedikasi khusus untuk meningkatkan aksesibilitas ke teknologi HPC. Setelah 6 bulan pengujian beta, EFISON berhasil merilis ALELEON Supercomputer berbasis CPU AMD EPYC, layanan HPC bertenaga prosesor AMD pertama di Indonesia yang dapat diakses publik untuk komputasi saintifik, analisis big data dan di bidang artificial intelligence, mempengaruhi cakupan penggunaan HPC di Indonesia.  

Sebuah sistem custom-built yang ditenagai oleh prosesor server AMD EPYC™ 7702P dan Prosesor AMD Ryzen™ Threadripper™ 3990X, ALELEON Supercomputer tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat umum hingga akademisi dan institusi. Dengan kemampuan luar biasa untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan komputasi big data, ALELEON Supercomputer bertujuan untuk membuat HPC dapat diakses oleh semua orang, memungkinkan dan menginspirasi generasi inovator berikutnya.  

EFISON juga spesialis dalam jasa sistem integrasi pembangunan infrastruktur komputer, mulai dari server hingga komputer pribadi, merancang dan menerapkan solusi sistem TI agar sesuai dengan kebutuhan komputasi para pengguna. 

Tantangan Customer

Dengan meningkatnya volume dan kecepatan data yang masuk, berikut adalah beberapa keterbatasan/tantangan yang umum dihadapi oleh dunia usaha, fasilitas penelitian, institusi pendidikan dan beberapa bidang lainnya: 

  1. Infrastruktur on-premise yang tidak efisien: Infrastruktur komputer yang ada secara cepat dapat tertinggal sehingga menghambat waktu dan efisiensi dalam mengolah set data yang lebih baru, besar, dan kompleks; kemampuan yang menjadi semakin esensial untuk tetap kompetitif di dunia yang didorong oleh data saat ini.
  1. Kendala sumber daya: Institusi yang lebih kecil menghadapi kendala sumber daya yang signifikan seperti keterbatasan tenaga, waktu dan anggaran yang mencegah penyelesaian proyek yang membutuhkan data sebelum tenggat waktu; kecepatan komputasi menjadi sangat penting.
  1. Batasan pada kualitas akhir produk: Tanpa akses ke teknologi yang tepat dengan tingkat komputasi yang sesuai, (performa dan kecepatan), institusi terbatas dalam jumlah skenario percobaan yang dapat mereka lakukan, yang secara signifikan berdampak pada kualitas hasil akhir mereka.

HPC telah menjadi sarana yang bermanfaat di berbagai bidang untuk menghasilkan wawasan, memajukan penemuan saintifik, menghasilkan desain produk yang lebih baik, dan menemukan jawaban atas masalah yang kompleks. 

  • Bagikan