Mengenal Prof Jamaluddin Jompa, Sempat Disebut sebagai Calon Ideal Menteri Kelautan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Prof Jamaluddin Jompa kini telah ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat Unhas sebagai rektor Unhas yang memiliki suara terbanyak.

Dia memperoleh 11 suara (44 persen) suara, berhasil mengalahkan Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof Dr Farida Patittingi SH MHum dan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M (K)., M.Med.Ed).

Lantas siapakah sebenarnya sosok Jamaluddin Jompa yang biasa disapa dengan Prof JJ?

Dia sempat disebut sebagai calon ideal Menteri Kelautan di tahun 2013 lalu.

Dilansir dari web Jamaluddin Jompa, ia sempat diperbincangkan dalam polling Kabinet Rakyat yang dilakukan oleh beberapa kelompok relawan Capres Jokowi-JK saat itu.

Prof JJ juga mengaku heran mengapa namanya muncul sebagai salah satu kandidat kuat saat itu.

“Inipun sulit saya jawab. Pada awal pooling dimulai, saya heran dan tidak bisa percaya. Dari sekian banyak orang-orang hebat, kenapa nama saya muncul sebagai salah satu kandidat kuat bersama Prof Rohmin Dahuri (yang mantan Menteri) dan lainnya? Dari dua penyelenggara polling, nama-nama kandidat berbeda kecuali nama saya yang selalu ada pada keduanya,” ujarnya dalam situs webnya.

Bahkan ia sempat mengaku penasaran atas polling tersebut, apalagi ia tak mengenal siapa penyelenggaranya.

“Sebenarnya saya penasaran, tapi saya tidak mengenal penyelenggara polling, maka saya minta teman di Jakarta untuk mencari tahu kenapa nama saya masuk nominasi. Jawabannya, ternyata mereka cari tahu dari berbagai media, termasuk Google,” urainya.

“Lalu mereka menyaring melalui FGD untuk menetapkan kandidat terkuat.Yang lebih mengherankan, tapi saya syukuri, bahwa walaupun saya hanya dari Indonesia Timur, ternyata saya bisa memperoleh dukungan polling tertinggi. Walaupun tentunya menteri ditentukan secara politis oleh Presiden, saya sudah sangat bersyukur karena telah dinilai baik oleh publik secara nasional,” sambungnya

  • Bagikan