Pernah Nomor Satu Se-Indonesia, Peringkat Kepatuhan Standar Pelayanan Sulsel Terjun Bebas di Urutan 24

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepatuhan standar pelayanan Provinsi Sulawesi Selatan mengalami penurunan drastis. Pernah menjadi terbaik di Indonesia, kini Sulsel hanya peringkat 24 dari 34 provinsi.

Sulsel sendiri berada di Zona Kuning dengan meraih nilai 73,26.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan, Subhan mengatakan Sulsel satu-satunya provinsi yang pernah meraih pelayanan terbaik selama dua tahun. Pertama tahun 2014 dan 2017.

“Sekarang 2021 terjun bebas ke peringkat 24 itu artinya ada kelalaian dan memang pelayanan publik di provinsi itu sudah semakin menurun,”katanya saat ditemui di Hotel FourPoint, Kamis (27/1/2022).

Subhan mengungkapkan Pelayanan di Dinas Pendidikan menjadi pelayanan terburuk dan mendapat rapor merah. Meski pelayanan di DPM – PTSP sudah tergolong baik.

“Di DPM – PTSP saya yakin bagus tetap ada beberapa di Dinas Pendidikan tidak ada standar pelayanan di sana,”ungkapnya.

Untuk itu, Subhan meminta kepada Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman segera memperbaiki pelayanan yang mendapat rapor merah seperti di pelayanan kesehatan dan pendidikan.

“Sebab ini pelayanan publik arahnya pemerintahan yang mensejahterakan masyarakat dan penilaian atas kepuasan masyarakat atas pelayanan dari provinsi,”bebernya.

“Saran ombudsman harus ada komitmen dari pemimpin daerah, tapi kalau orang berpengaruh cuek, itu tidak akan jalan yang dampaknya kepada masyarakat yang kesusahan mengurus sesuatu di pemerintahan,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan