Polda Sumatera Utara dan Komnas HAM Selidiki Kasus Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat Nonaktif

  • Bagikan
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Komnas HAM melakukan penyelidikan kerangkeng rumah pribadi Bupati Langkat. (Antara)

FAJAR.CO.ID, LANGKAT -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan Komnas HAM menyelidiki puluhan orang mendekam di kerangkeng rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin, di Desa Tengah Kabupaten Langkat.

”Sabar dulu, penyidik masih melakukan pendalaman adanya kerangkeng di belakang rumah Bupati Langkat,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak seperti dilansir dari Antara, Kamis (27/1).

Kapolda Sumut Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak mengungkapkan, kerangkeng yang ditemukan di dalam rumah Bupati Langkat itu digunakan untuk rehabilitasi pecandu dan penyalahgunaan narkotika. ”Dari hasil pendalaman, kerangkeng tersebut sudah berdiri selama 10 tahun,” ucap Panca Putra Simanjuntak.

Panca menyebutkan, kerangkeng khusus yang dibuat Bupati Langkat di belakang rumahnya tidak memiliki izin.

Sebelumnya, Migrant Care menemukan sebanyak 40 orang pekerja ditahan di penjara pribadi/kerangkeng di belakang kediaman Bupati Langkat tersebut. Menurut temuan Migrant Care, para pekerja sawit itu diduga tidak mendapatkan perlakuan baik, seperti tidak mendapat makanan layak saji, tidak mendapatkan upah gaji yang sesuai atau bahkan tidak digaji, mendapat penganiayaan, dan penyiksaan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, Polda Sumatera Utara membentuk tim gabungan terdiri atas Direktorat Kriminal Umum, Direktorat Narkoba, Intelijen, dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lain. Itu dilakukan untuk mendalami informasi terkait temuan ruang tahanan di kediaman Bupati Langkat.

  • Bagikan

Exit mobile version