Terpilih sebagai Rektor Unhas yang Baru, Ini Profil Singkat Prof Jamaluddin Jompa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, ditetapkan sebagai Rektor Unhas Terpilih Periode 2022-2026. Itu setelah Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin menggelar Rapat Paripurna Terbuka dalam rangka Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua MWA Unhas, Komjen Pol (Purn). Drs. Dr. HC. Sjafruddin, M.Si ini berlangsung di Ruang Rapat Senat, Lantai 2, Gedung Rektorat Unhas, mulai pukul 10.30 WITA, pada Kamis (27/1/2022).

Usai pemilihan, sejumlah tokoh pun menyampaikan ucapan selamat. Demikian juga di jagad media sosial. Foto ucapan selamat ke Prof Jamaluddin Jompa pun beredar luas. Berikut profil Rektor Unhas yang baru:

Jamaluddin Jompa lahir di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, 8 Maret 1967. Ayahnya adalah seorang anggota Kodim yang sering berpindah tugas. Jamal kecil bersekolah di SD di Sampeang, Kabupaten Bulukumba. Pada kelas 4 SD, mengikuti tugas ayahnya, Jamal pindah ke SD 13 Pinrang.

Beberapa bulan kemudian, Jamal harus ikut pindah lagi ke Desa Paria, Kabupaten Pinrang. Jamal melanjutkan sekolah ke SMP 2 Pinrang, kemudian ke SMA 243 Pinrang (kini SMA 1 Pinrang). Seusai tamat SMA pada 1985, Jamal memilih Jurusan Perikanan, Universitas Hasanuddin, dan lulus sebagai sarjana pada 1989.

Sebelum memasuki bangku kuliah, Jamal remaja lebih banyak menghabiskan waktunya bekerja di sawah setiap pulang sekolah. Karena Jamal bercita-cita melanjutkan kuliah di Universitas Hasanuddin, Jamal lebih sering belajar dan membaca buku di sawah. Usaha kerasnya bekerja dan belajar di sawah pun berbuah manis karena Jamal tidak hanya berhasil diterima di Universitas Hasanuddin, tetapi juga lulus ujian nasional SMA dengan nilai terbaik.

  • Bagikan