Tahap Awal KA Trans Sulawesi Diresmikan Jokowi pada Oktober 2022

  • Bagikan
Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Andi Amana Gappa, saat rapat terkait rapat koordinasi jalan akses stasiun dan laporan hasil evaluasi infrastruktur penghubung jalur KA di Kantor Bupati Maros, Jumat (28/1/2022).

FAJAR.CO.ID, MAROS - Proyek Kereta Api Trans Sulawesi untuk tahap awal ditargetkan tuntas dan mulai dilakukan uji coba pada Agustus 2022. Selanjutnya, operasional KA di Sulsel secara resmi dimulai Oktober mendatang. Adapun peresmian Proyek Strategis Nasional (PSN) itu akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Andi Amana Gappa, saat rapat terkait rapat koordinasi jalan akses stasiun dan laporan hasil evaluasi infrastruktur penghubung jalur KA di Kantor Bupati Maros, Jumat (28/1/2022). Turut hadir dalam rapat itu yakni Wakil dari Sesditjen Perkeretaapiaan pejabat Kemenhub serta Bupati Maros, AS Chaidir Syam dan kepala OPD terkait.

"Kita targetkan penyelesaian pembangunan paling lambat Agustus mendatang. Lalu akan kita lakukan uji coba dan diharapkan pada bulan 10 (Oktober-red) akan diresmikan oleh Bapak Presiden (Jokowi)," kata Amana Gappa, dalam keterangan persnya, Sabtu (29/1/2022).

Khusus di Maros, ia bilang tanahnya sudah rampung 100%. Pihaknya tidak lagi menghadapi persoalan klasik yakni pembebasan lahan. Adapun progres pembangunan infrastruktur KA berkisar 60-70%. Kendala saat ini terletak pada cuaca yakni hujan yang terus mengguyur sehingga pemadatan tanah sulit dilakukan dengan cepat.

"Jalur utama sudah 100%. Sekarang, fokusnya percepatan pembangunan, kalau lihat di lapangan ya progresnya sudah 60-70%. Semoga hujan tidak terlalu lama, sehingga progres pembangunan bisa dipercepat," ungkapnya.

  • Bagikan