Kagum Lihat Proses Tambang PT Vale, Dirjen Minerba Kementerian ESDM: Patut Jadi Percontohan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SOROWAKO-- Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) senantiasa dalam beroperasi tetap memperhatikan lingkungan sekitar agar terjaga dengan baik mendapat apresiasi dari pemerintah.

Kali ini, apresiasi tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, Deputi IV bidang Koordinasi Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Wisnu Utomo, serta Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, Sugeng Mudjianto.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan ke area operasional PT Vale, pada Jumat-Sabtu (28-29 Januari 2022), ketiganya menyampaikan apresiasi akan komitmen PT Vale beroperasi bisa menyeimbangkan dan menjaga ekosistem sekitar. Mengingat, operasional yang dilaksanakan PT Vale sangat identik dengan aktivitas mengelola sumber daya alam.

Pada kunjungan tersebut, PT Vale mengajak rombongan untuk melihat langsung PLTA Balambano yang menerapkan Energi Baru Terbarukan (EBT), ke Nursery yang merupakan area pembibitan, ke area pasca tambang di tonia terry, ke process plant melihat langsung pengolahan nikel, serta berkeliling di beberapa area danau matano yang berada berdampingan dengan area operasional pertambangan PT Vale.

Menurut Ridwan Djamaluddin, seluruh dunia mengkampanyekan penggunaan energi bersih itu harus disesuaikan dengan perusahaan itu sendiri, jangan sampai dipaksa-paksa. Kalau bagi PT Vale sudah menjadi valuenya PT Vale, misalnya PT Vale rela mengurangi keuntungannya demi pengunaan energi bersih, itu yang paling penting.

  • Bagikan