Konsultasi RKPD 2023, Bupati Maros Usung Enam Isu Strategis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAROS-- Konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di gelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Maros, Senin, 31 Januari di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Bupati Maros, Chaidir Syam menjelaskan, konsultasi publik rancangan awal RKPD ini untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan. Agar mampu menjawab isu-isu strategis yang ada.

“Untuk menjaring aspirasi para pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan sasaran pembangunan di 2023 bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Chaidir mengatakan RKPD 2023 memperhatikan enam isu stategi.

Mulai dari peningkatan daya saing ekonomi dan kesempatan berusaha. Keberlanjutan pembangunan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan.

Kemudian penanggulangan kemiskinan. Peningkatan kualitas dan daya saing SDM

"Penurunan tingkat kesenjangan wilayah, dan tata kelola pemerintahan dan kondusivitas wilayah yang menjadi isu kita,"ungkapnya.

Menurutnya isu-isu tersebut harus segera terjawab.

"Bukan hanya sekadar narasi, seperti halnya SDM harus meningkat perekonomian juga pasti akan meningkat, dan keluarga prasejahtera menjadi sejahtera," kata mantan ketua DPRD Maros.

Diakuinya tugas untuk menjawab isu-isu tersebut tidaklah mudah. Sebab ketidakpastian kebijakan transfer dana pusat ke daerah.

"Olehnya itu kita harus bekerja cerdas dan melakukan terobosan-terobosan yang mampu meningkatkan PAD sehingga tidak bergantung pada dana yang ada di pusat," sebutnya.

Dia berharap proses rancangan awal penyusunan RKPD 2023 bisa berjalan dengan baik. (rin/fajar)

  • Bagikan