Pernah Ditipu, Luna Maya Beber Tiga Tips Hindari Penipuan

  • Bagikan
Artis Luna Maya. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dihubungi seseorang mengatasnamakan perusahaan atau instansi tertentu untuk kepentingan penipuan masih marak terjadi menyasar berbagai kalangan untuk ditarget sebagai korbannya. Artis Luna Maya salah satu yang menjadi korban penipuan.

Akibat kejadian ini, mantan kekasih Ariel NOAH itu harus kehilangan dana mencapai 1,9 juta atas ulah penipu yang mengklaim mengatasnamakan provider salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di tanah air. Luna Maya sejak awal sejatinya sudah curiga orang yang menghubunginya ini bukan lah orang benar. Sebab nomornya saja sudah mencurigakan.

Kecurigaan lain juga terjadi dari gaya berbicara orang yang menghubunginya melalui telepon tidak seperti customer service yang biasanya enak didengar. Tapi sialnya, Luna Maya terus meladeninya.

“Itu kayak dihipnotis ya, kita kayak dibikin sibuk terus disuruh melakukan ini, itu. Kayak seolah-olah beneran mau dapat. Kayak nggak dikasih napas buat mikir,” Luna Maya dalam video di akun YouTubenya Rabu (2/2).

Meskipun sudah merasakan kecurigaan di awal, Luna Maya tetap mengikuti arahan dari penipu. Ia seperti terhipnotis oleh janji-janji manis yang disampaikan si penipu dari ujung telepon. Sampai akhirnya Luna Maya memberikan kode OTP yang harusnya tidak boleh diberikannya kepada siapapun.

“Sering bilang ke orang yang kena tipu, bego kok bisa (kena tipu). Tololnya gue juga kena ya ampun,” katanya.

Dari kasus yang dialaminya itu, Luna Maya memberikan tiga tips sederhana untuk mengenali sebuah tindakan penipuan melalui sambungan telepon. Pertama, ia meminta melihatnya dari sisi nomor milik pelaku. Kasus penipuan biasanya menggunakan nomor biasa atau nomor tak semestinya yang berlaku di Indonesia. Dalam kasus Luna Maya, si penipu menggunakan nomor berawalan +1.

  • Bagikan