BMKG Beri Peringatan Dini untuk Warga NTT, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

  • Bagikan
Ilustrasi cuaca hujan

FAJAR.CO.ID, KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur beberapa hari ke depan, Kamis (3/2).

Kepala Badan Meteorologi Kelas II Eltari Kupang, NTT, Agung Sudiono Abadi menyatakan cuaca besok, Jumat (4/2) dan beberapa hari ke depan berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Adapun wilayah yang terdampak adalah di Kabupaten Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU,TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, dan Sumba Timur, Flores Timur, Sumba Barat Daya, Sumba Sumba Tengah, Manggarai Barat, dan Manggarai.

"Wilayah Flores Timur, Lembata, Alor, Pulau Timor, Pulau Sabu, Pulau Rote, Pulau Sumba, Sikka, dan Manggarai Barat berpotensi terjadinya angin kencang," ucap Agung dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis (3/2).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, wilayah NTT saat ini berada di periode puncak musim hujan dengan kelembapan yang cukup tinggi.

Pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian barat yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet), hingga mencapai >25 kt di perairan sebelah selatan NTT dan membentuk daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan yang menyebabkan potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Prakirawan cuaca Stasiun Metereologi Eltari Kupang, Helny Yofin Mega Milla meminta masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, gelombang tinggi, dan sambaran petir.

  • Bagikan