Tekan Penyebaran Omicron, Danny Pomanto Aktifkan Detektor Covid-19 dan Satgas Raika

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mengantisipasi terjadinya penyebaran varian Covid 19 Omicron, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memerintahkan Camat, Lurah, RT dan RW mengambil langkah-langkah untuk pencegahannya.

Hal tersebut diungkapkan Danny saat menggelar konferensi pers, bersama awak media yang dihadiri seluruh Camat, Kadis kesehatan dan epidemiologi, terkait Makassar Recover. Bertempat di ruang Sipakatau Lantai Dua Kantor Wali Kota Makassar, Kamis (3/2/2022).

"Solusi yang harus dilakukan adalah vaksinasi lengkap kalau dalam satu rumah ada satu orang saja yang vaksin itu sama saja tidak berguna, harus lengkap dua dosis," ucapnya.

Danny juga meminta seluruh tim detektor untuk turun langsung mensosialisasikan serta mengkampanyekan vaksinasi 100 persen lengkap.

Sedangkan untuk sekolah pembelajaran tatap muka, Danny memerintahkan Kadis pendidikan membentuk dokter kelas di setiap sekolah.

"Kalau ada teman kelasnya tidak masuk sekolah, langsung dilaporkan ke command center, supaya diperiksa di rumahnya," ujarnya.

"Tim Raika berfungsi maksimal lagi sekarang. Tim 3T, untuk Covid-19 Hunter kita perbaiki termasuk vaksinator juga akan diperbaiki lebih cepat," imbuhnya.

Sementara itu, epidemiologi Unhas, Ansariadi mengatakan, hasil studi baru menjelaskan virus varian Omicron banyak tinggal di tenggorokan, walaupun tidak seperti varian delta, yang menjangkiti paru paru, namun masyarakat tidak boleh lengah.

"Perlu ada penekanan vaksinasi, karena dampaknya jauh lebih berat dari mereka yang sudah divaksin. Seiring berjalannya waktu, kalau sudah 24 bulan efektifnya akan berkurang sampai 49 persen," ujarnya

  • Bagikan