Basarnas Sulsel Bersama Potensi Sar Tanam 350 Bibit Mangrove

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Sebagai bagian dari rangkaian memperingati HUT ke-50 tahun pada 28 Februari 2022, Basarnas menyelenggarakan penanaman mangrove di seluruh Indonesia. Mengikuti kegiatan ini, Basarnas Sulsel bersama Potensi Sar di Sulawesi Selatan melakukan penanaman 350 bibit mangrove di pantai Keluarahan Untia, Kota Makassar, Sulsel, pada Jumat (4/1/2022) pagi.

"Gerakan menanam mangrove ini dilakukan Basarnas di usianya ke 50 tahun sebagai bagian dari pengendalian abrasi pantai", ungkap Djunaidi, Kepala Basarnas Sulsel dalam sambutannya.

Djunaidi juga menyampaikan bahwa penanaman mangrove merupakan kagiatan yang digalakkan oleh Presiden Jokowi dan Basarnas sebagai bagian dari Lembaga Pemerintah turut berpartisipasi membantu upaya Presiden dalam rangka peringatan usia emasnya.

"Ulang tahun emas Basarnas kita meriahkan dengan berbagai kegiatan yang bisa memberi dampak baik kepada masyarakat dan lingkungan", lanjut Djunaidi.

Dirinya pun menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berlangsung di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh 43 Kantor Basarnas yang tersebar di Indonesia.

Bibit mangrove yang ditanam Basarnas Sulsel berada di atas lahan seluas 400 meter persegi di pantai Untia Makassar. Bibit mangrove didapatkan dari masyarakat setempat dan partisipasi dari Manggala Agni Sulsel.

Proses penanaman 350 bibit mangrove dihadiri berbagai organisasi, baik dari institusi TNI, Polri, BPBD dan organisasi relawan sar yang ada di Sulsel.

"Partisipasi dan antusiasme dari teman-teman Potensi Sar hari ini menunjukkan bahwa kita selalu bersinergi dan kompak untuk bersama demi kemanusiaan", tutup Djunaidi.

  • Bagikan