Tausiah di Masjid Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ustaz Das’ad Latif Sampaikan Makna Jihad sebagai ASN

  • Bagikan
Ustaz Das'ad Latif

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ustaz Das’ad Latif menyampaikan tausiah di Masjid Al Ikhlas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

Tausiah ini diikuti oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto beserta jajaran pegawai dengan prokes cegah Covid-19.

Dihadapan Jamaah masjid Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ustad Das’ad Latif menyampaikan kisah empat Khulafaur Rasyidin yakni pemimpin/khalifah yang sangat sangat arif bijaksana. Mereka adalah keempat sahabat Nabi yang terpilih menjadi pemimpin kaum muslimin setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Keempat Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib. “Keempat sahabat nabi ini mempunyai karakter yang berbeda-beda yang dapat dicontoh oleh umat Islam,” kata Das’ad Latif.

Menurut Dasad Latif, Umar Bin Khattab memimpin kaumnya dengan bijaksana. Ketika jajarannya gagal dan lalai dalam melaksanakan tugasnya maka ia akan secara tegas melakukan evaluasi terhadap penanggung jawab di bidang tersebut.

Ustad Das’ad latif juga mengatakan bahwa Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel patut mencontoh karakter Ummar Bin Khattab yang memiliki karakter lembut dan tegas terhadap hukum tanpa ada kompromi.

Umar Bin Khattab tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi. Fasilitas negara kata Das’ad Latif hanya digunakan pada saat bekerja atau sedang mengerjakan tugas kantor.

“Jika Seorang ASN mempersembahkan ilmu dan kemampuannya untuk bangsa dan negara dan rajin beribadah, ini sudah menjadi Jihad Fisabilillah,” tutup Das’ad Latif.

Dasad Latif juga memuji Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto dan jajarannya yang peduli terhadap pembinaan mental keagamaan dengan menghadirkan penceramah pada salat zuhur berjemaah. (*/fnn)

  • Bagikan