Penonton Konser Musik di CCC Bakal Di-Tracing, Sejumlah Sampel Berpotensi Omicron

  • Bagikan
FOTO: SELFI/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penonton Konser Musik yang digelar di Gedung CCC Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan bakal ditracing.

Pasalnya, 22 orang yang akan mengikuti konser sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Direktur RSUD Daya, Ahmad Ashari mengatakan, saat ini pihaknya sementara menghimpun data-data untuk tracing.

“Kita lagi persiapkan datanya untuk diserahkan ke Dinkes untuk di-tracing, masih dikumpulkan datanya,” katanya, Selasa, (8/2/2022).

Dia menjelaskan, untuk bisa dicurigai omicron atau tidak, nilai CT (cycle threshold)-nya harus di bawah angka 30.

“Kalau yang menentukan dia omicron atau tidak itu kan dari Litbangkes, baru syarat untuk CT dibawah 30 itu dicurigai omicron,” ujarnya.

Dilansir dari Alodokter, CT adalah suatu nilai yang muncul dalam pemeriksaan PCR. CT value PCR berfungsi untuk membantu menentukan status apakah seseorang positif atau negatif terkait infeksi virus Corona.

CT value juga dapat membantu dokter untuk memprediksi kemungkinan jumlah virus Corona di dalam tubuh serta menentukan risiko pasien untuk mengalami komplikasi atau gejala berat Covid-19.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Nursaidah Sirajuddin mengatakan, dari 50 rumah sakit, sekarang yang terisi pasien Covid-19 itu sebanyak 26 rumah sakit.

“Ada 1, ada 2, ada 3, dan memang bor kita sekarang 6,7 persen. Kemarin di awal, dua koma lebih, bahkan sebelum naik kasus itu nol koma, jadi memang kita harus waspada terkait peningkatan kasus ini,” ujar Ida sapaannya.

Diketahui, sebelumnya 11 sampel yang dicurigai omicron telah dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan. (selfi/fajar)

  • Bagikan