BMKG Ingatkan Tinggi Gelombang di Samudra Hinda di Selatan Jabar, Jateng, dan DIY Mencapai 6 Meter

  • Bagikan
Ilustrasi gelombang tinggi di perairan selatan Kabupaten Cilacap. (Sumarwoto/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tinggi gelombang di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Jogjakarta berpotensi mencapai 6 meter.

”Selain karena saat masih dipengaruhi musim angin barat, saat sekarang di barat daya Pulau Jawa terdapat Tropical Low 93S (tekanan rendah),” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo seperti dilansir dari Antara
di Cilacap, Jateng, Rabu (9/2).

Dia mengatakan, keberadaan tekanan rendah tersebut mengakibatkan adanya pusaran angin di barat daya Pulau Jawa dan peningkatan kecepatan angin di wilayah perairan maupun Samudra Hindia selatan Jabar hingga Jogjakarta.

Menurut dia, angin di wilayah selatan Pulau Jawa dominan bergerak dari barat-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5–25 knot. ”Peningkatan kecepatan angin ini berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang di perairan selatan Jabar–Jogjakarta maupun Samudra Hindia selatan Jabar-Jogjakarta,” kata Teguh Wardoyo.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengatakan, pada Rabu (9/2) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi gelombang tinggi yang berlaku hingga Kamis (10/2) dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Dalam hal ini, kata dia, tinggi gelombang 2,5–4 meter yang masuk kategori tinggi berpeluang terjadi di wilayah perairan selatan Cianjur, perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Jogjakarta.

  • Bagikan