Viral di Medsos, Anies Baswedan Ceritakan Kedekatannya dengan Mendiang Yahya Muhaimin, Tokoh Muhammadiyah dan Mantan Mendikbud RI

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang juga tokoh Muhammadiyah Prof Yahya Muhaimin meninggal dunia pada Rabu 9 Februari 2022 sekitar pukul 10:00 WIB.

Muhammadiyah kehilangan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan tinggi. Prof Yahya Muhaimin merupakan anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan Mendikbud RI 1999-2001 era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Salah seorang publik figur yang juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuliskan kisahnya berinteraksi dengan Yahya Muhaimin. Lengkap dengan foto saat Anies menjalani pendidikan doktoral. Berikut tulisan lengkap yang kini viral di media sosial:

“Anies, daripada kamu sendirian, bayar sewa, udah pindah aja ke sini; di atas ada kamar. Selalu kosong kok,” begitu kata Pak Yahya Muhaimin.

Saya sedang menulis makalah pagi itu, saat Pak Yahya menelpon, meminta saya pindah dari apartemen dekat kampus University of Maryland ke rumah beliau sbg Atase Pendidikan di Washington DC. Beberapa kali beliau mengulang, sampai akhirnya saya pindah dan tinggal di lantai atas rumahnya di kawasan elit di Bethesda, Maryland.

Setelah tinggal di rumahnya, kami diskusi hampir tiap malam. Sampai lulus program Master, dan saat akan meninggalkan Washington pun berangkatnya dari rumah Pak Yahya. Belajar banyak dari seorang cendikiawan yang amat baik hati itu.

**

Suatu sore, tiba di apartement setelah dari kampus, terlihat sebuah amplop ada di kotak surat. Tertulis nama pengirimnya Yahya Muhaimin. Saat dibuka, hanya berisi selembar uang 100 dollar yang dimasukan dalam lipatan kertas HVS polos putih. Tidak ada tulisan apapun. Hanya selembar uang.

  • Bagikan