Eri Cahyadi Sebut Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Mencapai 93,5 Persen

  • Bagikan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut secara kumulatif tingkat kesembuhan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dari berbagai varian di Kota Surabaya, Jawa Timur, hingga Kamis (10/2) mencapai 93,5 persen.

“Sedangkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 Varian Omicron sebesar 86,05 persen,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, Pemkot Surabaya terus berupaya untuk mengantisipasi dan menangani penyebaran virus Covid-19 di Kota Pahlawan itu. Bahkan, kata dia, Pemkot Surabaya telah berhasil memberikan penanganan yang tepat dan sesuai untuk pasien yang terpapar Covid-19, serta pasien yang terpapar varian Omicron.

Eri mengatakan, pasien yang terpapar Covid-19 membutuhkan perawatan yang bervariasi, yakni sesuai dengan kondisi pasien, serta komorbid yang diderita oleh pasien. Hanya saja, kata dia, rata-rata kesembuhan kasus konfirmasi dengan gejala asymptomatik, serta gejala ringan membutuhkan waktu selama 3–7 hari.

“Tetapi tetap disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari, yang merupakan masa isolasi optimal meskipun hasil swab sudah negatif. Bahkan ada yang lebih cepat, yakni sesuai dengan daya tahan tubuh masing-masing pasien,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina menjelaskan, mengenai langkah-langkah yang dilakukan untuk merawat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan varian Omicron, salah satunya adalah menyediakan tempat isolasi terpusat (isoter) dan hotel berbayar. “Kami juga memfasilitasi pemberian pengobatan sesuai gejala secara gratis, konsultasi dengan klinisi dan perawatan sampai sembuh,” ujarnya.

  • Bagikan