UPT Perpustakaan Unhas Workshop Penyamaan Persepsi Penggunaan InlisLite di lingkup Ruang Baca Fakultas

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR –- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanaan Workshop/Pelatihan penyamaan persepsi penggunaan software InlisLite di lingkup ruang baca, Kampus Unhas Tamalanrea, Kamis (10/2/2022).

Program aplikasi INLISLite (Integrated Library System) Versi 3.1 dirancang agar dapat digunakan oleh semua perpustakaan baik itu yang mempunyai tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi (TI) maupun yang tidak.

Oleh karena itu tersedia dua jenis paket instalasi untuk aplikasi ini, yaitu Paket Instalasi Portable yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Paket Instalasi Source Code yang dapat digunakan pada sistem operasi apa saja yang memenuhi kebutuhan minimal program aplikasi ini.

Hasyim, S.Sos.M.Si. mewakili kepala UPT Perpustakaan berharap pelatihan ini bisa berjalan dengan baik, outputnya buat memperkuat skill para pustakawan ruang baca fakultas dalam mengolah database koleksinya.

Dr. Iskandar, MM – Pustakawan Ahli Madya Unhas yang juga Kepala Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah Sulawesi Selatan ini membawakan materi. Ia mengelompokkan materinya 5 bagian di antaranya: (1) Cara Praktis penginputan Koleksi (BUKU) sistem RDA (2) Cara cetak nomor panggil & barcode (3) Cara cetak kartu katalog (4) Cara mengetahui jumlah cantuman yang telah diinput di setiap reading room (unit kerja Fakultas) (5) Cara cetak hasil penginputan (bukti Fisik).

Iskandar memaparkan, workshop ini merupakan implementasi dari sasaran mutu Universitas Hasanuddin tahun 2022 agar data koleksi di seluruh ruang baca fakultas dapat terintegrasi.

  • Bagikan