Menggaet Bone Menjadi Jaringan Desa Wisata di Sulsel

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melaksanakan Penyuluhan Kepariwisataan di Helios Hotel & Convention, Kabupaten Bone, Sabtu, 12/02.

Mengangkat Tema “Pengelolaan dan Pemasaran Usaha Pariwisata", Kabupaten Bone salah satu yang dipilih untuk ditindaklanjuti pengembangan daerah pariwisatanya.

Sebanyak 50 Peserta dari pengelola Desa Wisata, bumdes, pokdarwis dan budayawan Kabupaten Bone yang ikut serta dalam penyuluhan tersebut.

Wakil Direktur 1 Poltekpar Makassar, Muhammad Arfin Muh Salim, mengatakan
tujuan penyuluhan kepariwisataan tersebut sebagai salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kata Arfin, pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Poltekpar Makassar tersebut juga untuk menyamakan persepsi terkait pengelolaan pariwisata.

"Kita lebih fokus pada pengembangan sumber daya manusia pariwisata dan juga pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan pada khusunya dan Indonesia Timur," ucapnya.

Kendati demikian, bukan hanya di Sulawesi Selatan, namun pengembangan pariwisata lebih menjangkau seluruh wilayah yang ada di Indonesia timur.

"Memilih Kabupaten Bone sebagai salah satu tempat penyuluhan dari lina kegiatan penyuluhan/bimtek yang akan dilakukan Poltekpar Makassar di beberapa daerah," ucapnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, Syahruli Asmar, dipilihnya Bone oleh Poktekpar dalam penyuluhan kepariwisataan, menjadi satu jalan bagi pengelola objek wisata di daerah/desa masing-masing. Sehingga ke depan ada bayangan bagaimana mengelola daerah wisata dengan baik.

  • Bagikan