Viral Kata ‘Pakintaki’, Ini Makna Aslinya Menurut Pelestari Bahasa Daerah

  • Bagikan
Tangkapan Layar.

Setelah kata itu viral di sosial media, beberapa meme dan stiker pun bermunculan. Bahkan, pria kelahiran Karamaka, Bangkala-Jeneponto itu memberikan semangat kepada klub sepak bola kebanggaan Sulawesi Selatan, yakni PSM. PAKINTAKI PSM yang kalau diterjemahkan yaitu AYO, PSM SENTAKKAN. Sentakkan semangatmu, sentakkan penonton dengan gempuran golmu ke gawang lain, dan lain sebagainya. Harapan yang begitu besar disampaikan hanya dengan satu kata itu, PAKINTAKI.

"Ada pun, beberapa yang mencoba memberikan makna dengan nyeleneh, saya kira itu hak mereka, tidak ada salahnya. Seperti pengguna tiktok @ardan_dangnga yang mencoba mendefinisikan PAKINTAKI dan menghubungkannya dengan kehidupan rumah tangga antara suami istri ketika berhubungan," kata komedian Makassar yang telah banyak terlibat di berbagai film ini..

Namun, menurutnya, penutur pertama kata itu, tentu, tidak mengarah ke situ dalam hal pemaknaannya. "Jadi, mohon untuk tidak menggiring kata PAKINTAKI ke hal-hal negatif. Cukuplah kita terhibur dengan ulah pria hitam manis dari Jeneponto itu. Demikian!," tutur pria berkepala plontos yang kelucuannya bisa disaksikan di akun youtube Nojeng Comol. (sam)

  • Bagikan