Intip Nama Baru Kota Thailand, Seperti Ini Maknanya

  • Bagikan
Wisatawan Indonesia sering pergi ke Bangkok untuk menyaksikan keindahan Grand Palace, namun sayang sekarang Bangkok sedang berasap (Get Your Guide)

FAJAR.CO.ID, THAILAND -- Thailand memutuskan untuk kembali ke nama asli ibukota, Bangkok, yakni Krung Thep Maha Nakhon. Ibu kota ini sudah secara resmi sejak dulu dikenal dalam bahasa Thailand sebagai Krung Thep Maha Nakhon.

Nama Thailand untuk Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon, sebenarnya adalah bentuk pendek dari nama lengkap ibu kota yang berakar pada Pali dan Sansekerta. Nama aslinya ternyata jauh lebih panjang, yakni Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit. Itu adalah nama tempat terpanjang di dunia, menurut Guinness World Records seperti dilansir dari Washington Post, Kamis (17/2).

Sementara penutur bahasa Inggris dan orang lain yang menggunakan alfabet Romawi tidak perlu mulai memanggil ibu kota Thailand dengan nama lokalnya, Krung Thep Maha Nakhon. Dan masyarakat internasional tak perlu membuang ‘Bangkok’ yang lebih familiar.

Itulah pesan dari Royal Society Thailand, yang bertanggung jawab atas standar akademik dan linguistik. Hal itu dimulai ketika kabinet pada hari Selasa menyetujui proposal Royal Society yang mengubah menetapkan nama ibukota resmi secara internasional dari ‘Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok’ menjadi ‘Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok).

Apa Maknanya?

Ibu kota ini sudah secara resmi dikenal dalam bahasa Thailand sebagai Krung Thep Maha Nakhon, yang secara harfiah berarti kota besar para malaikat. Dan kebanyakan orang Thailand menyingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan.

  • Bagikan