Kasus Covid-19 di Jawa Barat Tertinggi di Indonesia, Irjen Suntana Peringatkan Ini kepada Masyarakat

  • Bagikan
Ilustrasi Vaksin Covid-19

FAJAR.CO.ID, BANDUNG - Peningkatan angka kasus Covid-19 di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung masih terjadi sampai hari ini. Bahkan, berdasarkan data Pusicov Kota Bandung, per 16 Februari 2022 Kota Bandung memecah rekor penambahan kasus harian covid-19 sebanyak 1.178.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengingatkan kepada masyarakat agar terus meningkat kedisiplinan protokol kesehatan setelah data terbaru menunjukkan angka penambahan kasus harian covid-19 di Jabar menjadi yang tertinggi secara nasional.

Menurutnya, di masa penyebaran covid-19 varian omicron pengendalian dan pencegahan penularan wabah tersebut sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat. "Dua atau tiga hari ini tingkat penyebaran covid-19 di Jabar mencapai angka tertinggi untuk nasional, kemarin kita 14 ribu sekarang 15 ribu (kasus baru)," kata Suntana di Kampus Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, Kamis (17/2).

Berdasarkan data terbaru Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat Jabar menjadi daerah dengan penambahan kasus harian covid-19 tertinggi di Indonesia, yakni 15.196 kasus.

Kemudian, disusul dengan DKI Jakarta dengan penambahan kasus harian sebanyak 12.388 kasus. Kata Suntana, sejauh ini tingkat vaksinasi covid-19 di Jabar pun sudah cukup tinggi.

Menurutnya, vaksinasi dosis pertama sudah mencakup 88 persen masyarakat Jabar, sedangkan vaksinasi kedua sudah mencakup sebesar 63 persen.

Kendati demikian, tingkat vaksinasi yang tinggi tetap tidak ada artinya apabila masyarakat masih abai dalam penerapan prokes, khususnya penggunaan masker.

  • Bagikan