Sering Kaget, Ngigau dan Mimpi Buruk? Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Doktor Psikologi, Dedy Susanto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tak sedikit orang yang seringkali kaget, mengigau hingga mimpi buruk saat tertidur.

Apa sih penyebabnya?

Doktor Psikologi, Dedy Susanto mengatakan, pikiran bawah sadar sering bergejolak di alam mimpi.

“Sering ngigau, kaget atau mimpi buruk. Mimpi tuh semua metaforik yah. Kalau kamu mimpi ada bencana, ada tsunami ngejar kamu, bukan berarti benar akan terjadi tsunami,” katanya, dikutip Fajar.co.id melalui kanal YouTube Kuliah Psikologi, Senin, (21/2/2022).

“Tsunami itu metaforik dari semua ketakutan yang diakumulasi. Takut sama mertua. Takut sakit, takut nggak ada uang, pernah diterror debt colector,” sambungnya.

Dia menjelaskan, semua ketakutan, baik ketakutan masa lampau maupun ketakutan masa depan seperti misalnya tentang kesehatan dan keuangan itu bergabung jadinya tsunami.

“Karena mimpi selalu metaforik, konotatif, kiasan. Nggak pernah yang sungguh-sungguh. Kamu mimpi digigit ular, ular itu kiasan dari ketakutan kamu. Ular itu mertua kamu misalkan, mantan kamu, penyakit yang kamu takutkan terjadi,” jelasnya.

Dia menyebut, alam bawah sadar sering tergambarkan dari dunia mimpi dan dunia ngigau. Makanya kata dia, seringkali ia bertanya soal mimpi ke klien yang konsultasi.

“Kadang ada yang menjawab gigi rontok mas. Gue selalu dikejar dan selalu di dapet,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan, jika seseorang sering mengalami hal seperti ini berarti ada luka batin yang belum sembuh di hati yang terdalam.

Menurutnya, luka batin masa janin, masa balita, masa kanak-kanak seringkali tenggelam. Tersimpan rapi di sebuah peti yang tidak bisa akses.

  • Bagikan