Elektabilitas sebagai Capres 2024 Tertinggi, Pengamat Sebut Prabowo Subianto Tunjukkan Totalitas sebagai Menteri

  • Bagikan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan hal itu usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, (10/2). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com )

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 masih tertinggi berdasarkan survei Litbang Kompas. Pengamat politik Adi Prayitno menyebut hal ini karena publik melihat totalitas Prabowo sebagai menteri dan loyalitasnya kepada Presiden Jokowi.

“Meski jarang tampil ke publik, Prabowo menunjukkan loyalitas dan totalistanya sebagai menteri. Tak seperti kekhawatiran publik bakal ada dua matahari kembar setelah Prabowo masuk koalisi,” kata Adi saat dihubungi, Rabu (23/2).

Berdasarkan jajak pendapat Litbang Kompas terbaru tentang elektabilitas tokoh bakal calon presiden 2024, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih berada di puncak klasemen (26,5%) disusul Ganjar Pranowo (20,5%) dan Anies Baswedan (14,2%). Survei dilakukan pada 17 sampai 30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Adi menjelaskan, elektabilitas Prabowo selalu kokoh lantaran terobosan yang dibuatnya dalam bidang pertahanan.

“Misalnya soal terobosan-terobosan dalam modernisasi alutsista TNI dengan skema pengadaan alutsista government to government tanpa melalui perantara,” ujarnya.

“Termasuk juga soal kontrak pengadaan jet tempur Rafale dan kapal selam Scorpene dengan Prancis yang notabene sangat dibutuhkan TNI AU dan AL untuk mengganti alutsista yang sudah usang,” imbuhnya.

Fakta lain dari terus melejitnya tingkat keterpilihan Prabowo di Pilpres 2024 dalam survei Litbang Kompas, lanjut Adi, adalah popularitas Prabowo di mata masyarakat Indonesia.

  • Bagikan