Hati-hati Gunakan Headset dalam Waktu Lama, Dapat Merusak Saraf Pendengaran

  • Bagikan
Dokter Spesialis THT, dr. Yunion Gentilis Kusumasmara, Sp, THT-KL

FAJAR.CO.ID – Menggunakan hearing device ataupun headset dalam waktu yang cukup lama ternyata dapat memberikan dampak yang buruk.

Dokter Spesialis THT, dr. Yunion Gentilis Kusumasmara, Sp, THT-KL mengatakan, penggunaan headset atau hearing device yang berlebihan tentunya dalam waktu lama dapat merusak saraf-saraf pendengaran yang akhirnya dapat menurunkan fungsi pendengaran.

Dampaknya bisa langsung dan bisa secara tidak langsung yakni bisa lima–sepuluh tahun ke depan.

“Cara menggunakan headset yang benar, WHO menyarankan dalam menggunakan hearing device kita mengikuti 60-60 rules atau asas 60-60,” katanya melalui kanal YouTube Guesehat, dikutip Fajar.co.id, Jumat, (25/2/2022).

Dia menjelaskan asas 60-60 maksudnya adalah dalam satu hari menggunakan hearing device tidak lebih dari 60 menit. Kemudian volume atau intensitas yang digunakan tidak melebihi 60 persen.

“Dengan mengikuti ini, risiko kerusakan bisa diminimalisir. Harus mengetahui headset yang baik dan aman bagi kesehatan. Tidak boleh mensetting volume di atas 60 persen,” ujarnya.

Di sisi lain dia menyebut, yang menyebabkan seseorang mengatur volume terlalu tinggi, lagunya tidak terdengar akhirnya mempunyai kecenderungan untuk menaikkan.

“Pilihlah yang mempunyai peredam suara yang tinggi. Sehingga dapat menurunkan suara background di sekitar kita,” pungkasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan