Hamka B Kady Resmikan Program Kotaku di Bantaeng, Efektif Wujudkan Permukiman Layak Huni

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady hadir meresmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Lamalaka, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sabtu, 26 Februari 2022

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady hadir meresmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Lamalaka, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sabtu, 26 Februari 2022.

Program percepatan penanganan permukiman kumuh di perkotaan ini merupakan aspirasi legislator Golkar tersebut untuk masyarakat Bantaeng yang tercakup dalam daerah pemilihannya di Sulsel I.

Program Kotaku merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100 yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Hamka menjelaskan, tujuan program Kotaku adalah guna meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan.

Serta mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

"Program Kotaku melibatkan partisipasi masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan," tutur Hamka B Kady.

Dengan negitu hal ini tentu akan menumbuhkan daya beli masyarakat karena adanya penghasilan dari pengerjaan proyek ini.

"Masyarakat yang berpenghasilan rendah yang harus didahulukan. Dalam kondisi pandemi begini, yang seharusnya dilakukan adalah yang sifatnya padat karya," tegasnya.

Lebih lanjut, Hamka berkomitmen Program Kotaku akan terus ia kawal sampai target yang ditentukan.

Program ini sengaja dipercepat dalam hal penganggarannya karena proyek ini harus segera dikerjakan di masa pandemi, dimana ekonomi masyarakat sedang terpuruk. (dra/fajar)

  • Bagikan