Rekomendasi Pemkot Tak Kunjung Diindahkan, Kafe Agung Bakal Ditertibkan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pertanahan Makassar, Akhmad Namsum (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar bakal melakukan penertiban terhadap Kafe Agung yang berlokasi di Jalan dr. Ratulangi, Kelurahan Mamajang, Kecamatan Mamajang.

Kepala Dinas Pertanahan Makassar Akhmad Namsum mengatakan, pihak Kafe Agung telah melakukan pelanggaran penggunaan lahan parkir di atas drainase.

Selain tidak memiliki kerjasama dengan pihak pemerintah kota, pihak Kafe Agung juga tak mematuhi peraturan penggunaan lahan.

“Ini kan ada selokan. Kalau selokan dia tutup, berarti permohonannya untuk kerja sama dengan pemerintah kota. Kerja sama badan milik daerah nanti akan dilanjutkan dengan sewa lahan untuk menjadi kontribusi kepada pemerintah daerah. Tapi sebelum itu diproses, ada syarat teknis yang dia harus penuhi. Syaratnya adalah kewenangan PU,” katanya, Selasa (1/3/2022).

Selanjutnya kata dia, harus ada jaring yang dipasangkan untuk penghalang sampah-sampah.

“Kalau ini sudah dipenuhi, maka dilanjutkan dengan untuk perjanjian kerja samanya terhadap barang milik daerah. Orientasinya akan ada sewa barang milik daerah sebagai bagian kontribusi ke pemerintah daerah yang tentu ada hubungannya. Tentu harus memenuhi syarat teknis dulu,” imbuhnya.

Sejauh ini kata dia, Dinas Pekerjaan Umum Makassar telah memberikan rekomendasi. Hanya saja sudah dua pekan belum diindahkan.

Sehingga, Namsum mengatakan setelah seminggu surat kembali dilayangkan dan tak jua diindahkan maka Pemkot akan melakukan penertiban.

“Daripada ini merugikan banyak orang, tentu cepat akan kita ambil reaksi, kalau tidak direspons. Karena sudah kita beri ruang tapi sampai hari ini tidak ada tanggapan dari Kafe Agung, maka lebih baik kita kembalikan fungsi lahan yang ada di situ. Kita fungsikan kembali, kita bongkar kalau tidak ada niat baik terhadap apa yang menjadi rekomendasi SKPD teknis sebelum proses kerja sama itu ditindaklanjuti,” jelasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version