Ridwan Kamil Harap Taman Indonesia di Ukraina Tidak Hancur

  • Bagikan
Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap keberadaan taman Indonesia di Ukraina tidak hancur. Konflik bersenjata terjadi antara Rusia dan Ukraina.

”Pada 2017 saya ke Kiev, Ukraina, di sana ada taman Indonesia. Hasil lobi orang Jabar juga selaku duta besar. Itu ada taman, semoga tidak hancur,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Kota Bandung, Selasa (1/3).

Ridwan Kamil mengatakan, konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina harus segera dihentikan. Sebab, khawatir semakin banyak menelan korban dari warga sipil.

”Sekarang Rusia dan Ukraina bertengkar, kita doakan cepat selesai apapun masalahnya. Kasihan korban warga sipil,” ujar Ridwan Kamil.

Ketika ditanya apakah ada warga Jawa Barat yang saat ini berada di Ukraina, Ridwan Kamil mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu data dari kementerian luar negeri. Dalam krisis internasional, pemerintah daerah tidak boleh melakukan inisiatif-inisiatif tanpa berkoordinasi dengan pihak kementerian luar negeri.

Akan tetapi, jika pihak kementerian menyampaikan data, Pemprov Jawa Barat dipastikan akan memberikan perhatian ekstra.

”Jika dalam krisis internasional seperti ini Kemenlu dulu di garda terdepan, daerah dilarang melakukan inisiatif-inisiatif tanpa berkonsultasi dengan kemlu. Kami menunggu, kalau kemenlu ada data pasti kita akan ada ekstra perhatian,” ucap Ridwan Kamil. (jpg/fajar)

  • Bagikan