Ridwan Kamil Sebut Kasus Covid-19 di Jawa Barat Sudah Mulai Turun

  • Bagikan
Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kasus harian Covid-19 di wilayah Jawa Barat (Jabar) saat ini turun menjadi 3.000-an kasus per hari. Sebelumnya mencapai belasan ribu kasus per hari.

”Alhamdulillah setelah berhari-hari ranking satu kita turun ya. Terakhir di 3.000-an sekian dari sebelumnya belasan ribu,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Kota Bandung, Selasa (1/3).

Menurut Ridwan Kamil, jika berdasar hitungan matematis pada pertengahan Maret kasus harian Covid-19 di wilayah Jabar akan mengalami penurunan drastis. ”Feeling kita pertengahan Maret. Kalua perhitungan matematis, tren turun kita akan sangat baik sehingga yang penting sama saja, warga titip prokesnya,” ujar Ridwan Kamil.

Selain itu, lanjut Ridwan Kamil, pihaknya juga telah melakukan monitoring ke sejumlah rumah sakit umum daerah, kasus harian Covid-19 juga terkendali. Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit hanya di angka 30 persen.

”Kemudian kita monitor rumah sakit juga masih sangat terkendali ya. Itu di angka kisaran 30 persen,” papar Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Kota Bandung menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Jawa Barat dalam periode 21–27 Februari. Biasanya sejak varian Omicron merebak awal Februari, posisi tertinggi selalu ditempati daerah di kawasan Bodebek (Bogor-Bekasi-Depok).

Berdasar data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat, pada periode 21–27 Februari, Kota Bandung mengalami penambahan 12.092 kasus. Total kasus aktif pada 28 Februari di Kota Bandung mencapai 21.550.

  • Bagikan