IAS Dinilai Punya Dampak Elektoral Kuat bagi Demokrat Sulsel di Pileg 2024

  • Bagikan
Calon ketua DPD Partai Demokrat, Ilham Arief Sirajuddin (IAS)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Keputusan DPP Partai Demokrat siapa yang bakal menakhodai partai berlambang logo Mercy di Sulsel dinilai akan mempengaruhi partai ini pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Provinsi Sulsel.

Saat ini, DPP Partai Demokrat memiliki dua pilihan yakni Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Ni'matullah alias Ulla.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr. Ridwan Fawallang, menyampaikan Demokrat dan PDIP merupakan partai yang berpotensi menjadi 'kuda hitam' pada Pileg 2024.

Kedua parpol tersebut, bebernya, cukup diperhitungkan, selain tiga parpol dengan pengaruh besar di Sulsel yakni Golkar, Nasdem dan Gerindra.

Khusus Demokrat, Ridwan menganalisis kekuatannya akan lebih diperhitungkan bila dipimpin oleh sosok IAS. Tanpa menafikkan ketokohan petahana yakni Ulla, tapi IAS memiliki ketokohan yang lebih kuat. Mantan Wali Kota Makassar dua periode itu juga dinilai memiliki modal lengkap untuk membawa Demokrat Sulsel kembali berjaya.

"Yang kedua 'kuda hitam' pada Pileg 2024) adalah Partai Demokrat, jika saja DPP-nya menjatuhkan pilihan kepada sosok Ilham (IAS-red)," kata Ridwan, dalam diskusi politik bertema 'Siapa Partai Politik Kuat di Pileg Provinsi Sulawesi Selatan pada Tahun 2024?' pada channel YouTube IPI Show, Jumat (4/3/2022).

"Mengapa? karena Ilham ini mempunyai modal politik, modal sosial dan modal kapital yang cukup. Beliau juga seorang tokoh dan figur yang cukup dikenal dan disegani dalam kontestasi politik di Sulsel," sambung Ridwan dalam diskusi yang dipandu Suwadi Idris Amir.

  • Bagikan