Pameran Badik Ramaikan Pesta Adat Gaukang ri Taeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Komunitas Karpet Kuning menggelar pesta adat dan budaya "Gaukang ri Taeng" yang berlangsung selama 3 hari mulai, 06 Maret - 7 Maret 2022 di desa Taeng Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

Serangkaian kegiatan digelar dalam pesta adat ini seperti berkunjung ke Balla Lompoa Ri Taeng, Tanrasang Manurung dan melakukan kirab dengan diiringi pasukan berkuda kerajaan Gowa.

Desa Taeng sendiri telah dikenal sebagai tempat pembuatan senjata kuno berbahan baku besi yang dipakai oleh Kerajaan Gowa untuk mengusir penjajah pada masa lampau.

Menurut pemangku adat Taeng, Darmawangsyah Muin, pesta adat Gaukang ri Taeng tersebut digelar sebagai bentuk upaya pelestarian budaya di Kabupaten Gowa khususnya di desa Taeng.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam pelestarian adat dan budaya khususnya di desa Taeng yang telah dikenal pada zaman kerajaan Gowa zaman lampau," ujarnya.

Salah satu tokoh pemuda Sulsel, Andi Anhar Rahman mengatakan bahwa perlu adanya pelestarian adat dan budaya agar generasi saat ini tetap mengingat budaya masa lampau.

Dalam kegiatan ini pula, digelar pameran bilah berupa badik, tombak, dan pedang yang sebagian besar merupakan peninggalan sejarah dari desa Taeng.(wis)

  • Bagikan