Gedung Dinas Perhubungan DKI Kebakaran, Damkar Terhalang Asap Tebal dan Ventilasi Tertutup

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Lantai 2 Gedung Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta di Jalan Taman Jatibaru, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar pada Selasa (8/3/2022) dini hari.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal menyebut peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.45 WIB.

Dia menjelaskan kebakaran diketahui saat seorang sekuriti gedung Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) melihat kepulan asap di lantai dua.

Petugas tersebut kemudian melapor kepada penjaga keamanan kantor Dishub DKI yang menindaklanjuti dengan penyelamatan pertama.

"Pihak sekuriti gedung Dishub langsung berupaya melakukan pemadaman (pakai) APAR, tetapi gagal karena kepulan asap sangat tebal," ucap Asril dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Setelah itu, sekuriti gedung Dishub langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas Damkar.

Sudin Gulkarmat Jakpus kemudian menurunkan 7 unit branwir dengan 35 personel. Saat melakukan pemadaman, petugas damkar menemukan beberapa hambatan, yakni asap tebal, listrik masih menyala, dan ventilasi sudah tertutup.

“Dugaan penyebab kebakaran karena adanya korsleting,” ucap Asril.

Kebakaran pada lahan seluas 100 meter persegi itu diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 600 juta. Selain itu, tidak ada korban luka dan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Api berhasil dipadamkan pada pukul 04.13 WIB. (jpg)

  • Bagikan