Ramadan Sebentar Lagi, Warga Binaan Diharap Berhijrah Meski Masa Lalunya Kelam

  • Bagikan
Sejumlah warga binaan tampak khusyuk berdoa.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah warga binaan yang menghuni Rutan Kelas 1 Makassar, tampak sangat khusyuk dalam memanjatkan doanya kepada Yang Maha Kuasa.

Meski tangan berlumuran tato dan dosa di masa lalu, dia sangat memohon ampun kepada Sang Khalik. Raut wajahnya tampak menunjukkan permohonan pengampunan, atas kesalahan hingga ia dijebloskan ke penjara.

Ya, itu memang harus dilakukan. Apalagi bulan suci ramadan akan menemani umat muslim selama sebulan penuh, pada April 2022 mendatang.

Dengan segudang harapan kelak bila warga binaan ini sudah bisa menghirup udara bebas, bisa menjadi pribadi yang baik. Utamanya dalam hal agama dan tidak terjerumus lagi dengan kasus yang sama dan berhijrah.

"Merugilah mereka yang hanya sekadar menghabiskan masa ujian di tempat ini tanpa mengambil sebuah pelajaran berarti. Mari menjadikan setiap ketetapan Allah untuk terus bersabar, bersyukur, dan mengambil hikmahnya," kata penceramah Ustaz Hery Irawan Al-Jafary di Rutan Kelas 1 Makassar, Selasa (8/3/2022).

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Hal ini diketahui berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu Pon, 2 April 2022 M,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam keterangannya, Sabtu (12/2/2022) lalu.

Haedar menjelaskan, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, pada Jumat Pahing, 29 Syakban 1443 H yang bertepatan dengan 1 April 2022 M, ijtimak jelang Ramadan 1443 H terjadi pada pukul 13.27 WIB.

  • Bagikan