Laju Pertumbuhan Ekonomi Bantaeng Tertinggi di Sulsel, Tetap Kokoh di Gelombang Kedua Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantaeng melansir angka laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantaeng yang meningkat tajam di 2021. Data itu menyebut, Bantaeng berada di urutan pertama dengan angka 8,86 persen.

Kepala BPS Bantaeng, Abdul Salam mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng ini mengalahkan Provinsi Sulsel yang mencapai 4,65 persen. Dia juga menyebut, laju pertumbuhan ini meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 0,52 persen.

"Ini angkanya meningkat tajam kalau di banding pada tahun sebelumnya," jelas Abdul Salam saat menerima kunjungan Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin di kantor BPS Bantaeng, Selasa, 8 Maret 2022.

Dia menambahkan, BPS mencoba merinci pertumbuhan ekonomi Bantaeng menurut lapangan usaha. Dari data itu, sebanyak 69,39 persen PDRB Kabupaten Bantaeng berasal dari lapangan usaha pertanian, Konstruksi, perdagangan dan industri pengolahan.

"Penyumbang PDRB tertinggi itu dari masih dari pertanian, kehutanan dan perikanan yang mencapai 27,08 persen," jelas dia.

Penyumbang PDRB kedua adalah konstruksi sebesar 18,30 persen, dan perdagangan besar dan eceran sebesar 14,25 persen. Ada pula industri pengolahan sebesar 9,76 persen.

Dia menambahkan, laju pertumbuhan lapangan usaha yang paling pesat adalah pengadaan listrik dan gas sebesar 69,30 persen. Kemudian laju pertumbuhan lapangan usaha lainnya adalah industri pengolahan sebesar 43,76 persen.

"Di industri pengolahan ini termasuk di dalamnya adalah smelter dan industri makan dan minum yang ada di Bantaeng," jelas dia.

  • Bagikan