Di Tengah Kesibukannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Tiba-tiba ke Sulsel

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Di tengah kesibukannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa “terbang” ke Sulawesi Selatan, Kamis (10/3/2022).

Dia menghadiri acara pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II angkatan V, penyelenggara lembaga administrasi negara RI yang diselenggarakan di Kampus Puslatbang KMP LAN, Jalan Raya Baruga, No. 48 Makassar.

Dalam sambutannya, ia mengatakan pada dasarnya orang-orang yang ikut kegiatan ini untuk belajar.

“Menurut saya, makin tinggi jabatan seseorang semakin senang menyampaikan daripada mendengarkan,” kata Khofifah.

Dalam bahasa pesantren kata dia, pemimpin adalah pelayan masyarakat. Ini format yang tidak bisa diterapkan oleh banyak orang.

“Pemimpin adalah pelayan masyarakat, bukan yang dilayani. Pemimpin adalah yang minumnya paling akhir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puslatbang KMP LAN, Dr. Andi Taufik menyambut baik kedatangan orang nomor satu Jawa Timur ini.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah buat kami. Biasanya yang hadir wakil, ini baru kali ini gubernur pertama yang hadir,” ucap Taufik.

“Beliau juga sendiri perempuan di Indonesia. Ini adalah salah satu kebahagiaan tersendiri. Karena kita berharap pejabat tinggi pertama dapat mendapatkan insight yang bagus,” imbuhnya.

Lebih jauh dia mengapresiasi sejumlah jabatan yang pernah diamanahkan kepada Kofifah diantaranya Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia ke-5, Menteri Sosial Indonesia ke-27, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan sekarang Gubernur Jatim.

Di sisi lain dia berharap para peserta dalam posisi kepemimpinan strategi dapat menerapkan organisasi yang adaptif.

  • Bagikan